Mengungkap Rahasia Pisang yang Tidak Diketahui

June 28, 2014
Mengungkap Rahasia Pisang yang Tidak Diketahui 
Pisang, jangan sekali makan tiga buah. Jangan simpan pisang di lemari es, mengapa? Tahukah Anda ? FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat) mengumumkan, mengizinkan industri pisang untuk mempromosikan bahwasannya pisang dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan rasio terjadinya stroke. Setelah membaca artikel ini, Anda akan memiliki pandangan lain dari tentang "pisang".

Pisang mengandung tiga jenis gula alami : sukrosa, fruktosa dan glukosa, ditambah lagi dengan serat. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa dua buah pisang dapat memenuhi energi yang cukup untuk memertahankan olahraga berat selama 90 menit. Tak heran banyak atlet terkemuka dunia memilih pisang sebagai buah pilihan utama.

Namun, pisang tidak hanya memberikan energi. Pisang juga dapat membantu kita mengatasi atau mengobati banyak penyakit dan kondisi fisik, jadi kita mutlak menambahkan pisang dalam menu sehari-hari.

Depresi

Sebuah survei terbaru menemukan bahwa mereka yang menderita depresi, setelah makan pisang, merasa lebih baik! Karena pisang mengandung asam amino, yang dapat berubah menjadi serotonin, membuat orang merasa rileks dan nyaman, meningkatkan mood.

Kekurangan darah

Pisang kaya dengan zat besi, dapat merangsang hemoglobin dalam darah.

Tekanan darah tinggi

Pisang mengandung kalium yang melimpah, rendah garam, yang ideal untuk menurunkan tekanan darah. Baru-baru ini, FDA mengizinkan industri pisang untuk mempromosikan bahwasannya pisang dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan rasio terjadinya stroke.

Kekuatan otak

Di Twickenha, Inggris terdapat ada 200 siswa, dimana demi untuk meningkatkan kekuatan otak, dalam rangka membantu ujian mereka, sejak awal semester, selalu makan pisang secukupnya saat sarapan, makan siang dan istirahat sejenak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pisang yang kaya potasium, dapat meningkatkan konsentrasi siswa, yang dapat membantu mereka dalam proses belajar.

Susah BAB atau sembelit

Pisang tinggi akan serat, dapat membantu memulihkan aktivitas normal usus dan lambung! Tidak perlu obat pencahar untuk mengatasi sembelit.

Hangover (keadaan pusing dan mual akibat mabuk alkohol)

Pisang dicampur dengan madu dapat meredakan mabuk sepanjang waktu. Pisang melegakan lambung, sementara madu meninggikan kadar gula darah, menenangkan jiwa.

Angina pektoris (rasa kejang jantung)

Pisang memiliki suatu kadar keasaman alami yang berkhasiat sebagai analgesik atau pereda sakit.

Lesu pada pagi hari

Seusai sarapan dan sebelum makan siang, makan pisang dalam jumlah kecil untuk menjaga kadar gula darah.

Bekas gigitan nyamuk / serangga

Gosok perlahan pada bekas gigitan dengan kulit pisang bagian dalam, dapat memudarkan pembengkakan dan menghilangkan radang.

Saraf tegang

Pisang kaya dengan vitamin B, dapat membantu mengendurkan sistem saraf.

Kegemukan

Hasil penelitian di School of Psychology Austria menemukan bahwa tekanan kerja, membuat karyawan akan terus menerus makan cokelat dan keripik kentang untuk mengendurkan suasana hati. Dalam penelitian terhadap 5000 staf rumah sakit mendapati, bahwa mereka yang berpostur gemuk, umumnya bekerja dalam kondisi tekanan yang sangat berat. Menurut kesimpulan dari hasil penelitian terkait, bahwa untuk menghindari timbulnya keinginan terhadap makanan penenang emosional, sebaiknya sekitar setiap dua jam makan sedikit makanan tinggi karbohidrat, untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Tukak lambung

Pisang adalah terapi makanan yang mengatur ketidakselarasan gastrointestinal, sebab pisang mengandung serat yang lebut dan halus. Bagi penderita jangka panjang, pisang merupakan satu-satunya makanan mentah yang baik, tidak akan bereaksi negatif. Pisang juga dapat menetralkan asam lambung dan mengurangi rasa sakit.

Mengontrol suhu

Di berbagai negara, daerah dan budaya, selalu ada yang menganggap pisang sebagai buah-buahan "penurun suhu", yang dapat dijadikan sebagai makanan untuk menurunkan panas secara rohaniah dan jasmaniah. Di Thailand, supaya sang bayi memiliki suasana yang nyaman saat lahir, para ibu hamil akan mengonsumsi pisang menjelang melahirkan.

Menghentikan kebiasaan merokok

Pisang dapat membantu menghentikan kebiasaan merokok. Pisang mengandung vitamin B6 dan B12, kalium dan magnesium yang juga dapat membantu mereka yang hendak menghentikan kebiasaan merokok, karena tidak ada efek rangsangan nikotin.

Stres

Potasium atau kalium yang terdapat pada pisang, dapat mengatur denyut jantung berdetak secara normal, untuk kelancaran oksigen ke otak, saat mengalami tekanan karena tegang, metabolisme kita akan bertambah cepat, sehingga akan menurunkan kadar kalium. Sementara kandungan kalium yang tinggi pada pisang, kebetulan dapat dijadikan sebagai suplemen.

Apoplexia atau penyakit pitam

Menurut hasil studi dari "The New England Journal of Medicine" , bahwa dengan mengonsumsi pisang dalam jangka waktu panjang, rasio kematian akibat stroke atau penyakit pitam menurun drastis sebesar 40% .

Pisang memang bisa mengobati banyak penyakit. Jika dibandingkan dengan apel, protein dalam pisang lebih banyak 4 kali lipat, dua kali kandungan karbohidrat, tiga kali fosfor, lima kali lipat Vitamin A dan zat besi, lebih dari dua kali vitamin dan mineral lainnya. Pisang juga kaya akan kalium, merupakan makanan yang paling bermanfaat. Jadi, seharusnya merevisi kalimat sebelumnya "Sehari sebuah pisang, dokter pun akan menjauhi kita".

Monyet kerap dalam suasana ceria dan penuh vitalitas, mungkin dikarenakan sering makan pisang. Selain itu, ada juga tips yang cukup menarik, jika menginginkan sepatu Anda itu tampak berkilau cemerlang seperti baru, cobalah gosokkan permukaan sepatu Anda itu dengan kulit pisang, kemudian bersihkan dengan kain lap kering, hasilnya sungguh menakjubkan!

Meringankan mata kering

Mereka yang bekerja di depan komputer, kerap akan merasakan mata kering atau kemerahan, nyeri, jika setiap hari makan satu buah pisang, berkhasiat mengatasi kondisi seperti itu. Hal ini diketahui dari salah seorang pembaca beberapa waktu lalu dari sebuah artikel yang dipublikasikan di situs kesehatan Taiwan.

Dalam artikel terkait disebutkan, bahwa fungsi pisang dalam melindungi mata terutama karena berhubungan dengan kandungan kaliumnya yang melimpah. Jika tubuh kita berlebihan menyerap kadar garam dapat menyebabkan sejumlah besar cairan tertinggal di dalam sel, sehingga terjadi iritasi mata. Kalium dalam Pisang dapat membantu tubuh mengeluarkan garam-garam yang berlebihan ini, agar tubuh mencapai keseimbangan kalium dan natrium, meredakan gejala ketidaknyamanan pada mata.

Mengandung banyak karoten

Ketika tubuh seseorang kekurangan zat ini, mata akan menjadi nyeri, kering, mata kusam tidak bercahaya, dehidrasi dan kurang semangat, namun, dengan mengonsumsi pisang tidak hanya mengurangi gejala-gejala ini, tetapi juga dapat mengurangi kelelahan mata dalam batas tertentu, mencegah penuaan dini pada mata! (bayvoice/jhn/yant)  

 

Mengungkap Rahasia Pisang yang Tidak Diketahui

Previous
Next Post »
Show comments
Hide comments

3 komentar

Write komentar
rezky
AUTHOR
30 June 2014 at 03:21 delete

wew ane baru tau banana itu bnyak sekali manfaatnya :v

Reply
avatar
Dream Benders
AUTHOR
30 June 2014 at 14:52 delete

iya gan, bahkan bisa untuk memperjelas mimpi, lumayan buat Lucid Dream :v

Reply
avatar

Terima Kasih atas komentar anda
Dilarang menggunakan segala bentuk kata-kata kasar, menyinggung. dll
Karena itu merupakan SPAM. apabila ada kata SPAM komentar akan saya hapus.

Komentar anda menjadi kebanggaan saya
Komentar anda lebih berharga dari berlian EmoticonEmoticon