10 Manfaat Teh Berdasar Resep Kuno

July 22, 2016
10 Manfaat Teh Berdasar Resep Kuno
Teh merupakan spesies tanaman yang spesifik. (Internet)

Teh dikenal sebagai minuman kesehatan dan manfaat teh masih ada banyak lagi. Ada banyak jenis teh kesehatan di pasaran yang terbuat dari tanaman herbal dan bunga-bungaan. Namun ini termasuk minuman jamu, bukan teh. Teh merupakan spesies tanaman yang spesifik. Jadi jika bukan teh, maka ia tidak akan mengandung sifat-sifat teh, meskipun mungkin memiliki sifat-sifat khusus lainnya dari jenis herbal itu tersebut.

Berlawanan dengan asumsi kebanyakan orang, teh hijau lebih kuat dibandingkan teh hitam. Bukan masalah warna yang menentukan kuat tidaknya. Selama 5.000 tahun, orang Tiongkok telah mengonsumsi teh sehari-hari untuk manfaat kesehatannya. Namun tanaman teh memiliki banyak manfaat lainnya.

Berikut beberapa manfaat teh berdasarkan resep kuno.

1. Mandi teh

Teh yang telah kadaluarsa menjadi sangat murah harganya. Namun bisa jadi teh tersebut tidak baik untuk dikonsumsi lagi, tapi memiliki manfaat yang besar untuk mandi teh. Menambahkan daun teh pada bak mandi Anda, dapat menyegarkan kulit kembali, membantu memperlancar sirkulasi darah, dan menjadi zat anti-penuaan. Selama musim panas, teh dapat membantu mengusir panas dan juga menyejukkan kulit yang terbakar sinar Matahari.

Bagi orangtua, sangat bagus menggunakan teh hitam. Bagi orang muda, teh hijau lebih cocok.

Gunakan setengah kilogram teh, lalu tuangkan air panas ke dalam periuk besar, tunggu hingga 1 menit kemudian masukkan teh tersebut ke dalam air bak mandi Anda. Biarkan daun teh tetap berada di dalam periuk. Tuangi kembali periuk tersebut dengan air panas, tunggu 2 menit. Kali ini, teh jadi lebih kuat dibanding yang pertama. Tuangkan teh tersebut ke dalam bak mandi. Anda dapat mengulanginya sekali lagi. Biarkan suhu air dalam bak tetap hangat hingga panas. Air dingin dapat menekan teh.

2. Pembersih lemak

Air teh sangat efektif sebagai pembersih lemak. Sangat umum dalam keluarga Tiongkok untuk menggunakan air teh habis pakai untuk membersihkan meja atau piring. Tidak perlu sabun cuci.

3. Pembersih sistem pencernaan dan internal

Jika Anda berpendapat mandi setiap hari sangat penting, maka minum teh adalah seperti memandikan dalam tubuh Anda. Membersihkan bagian dalam tubuh. Jika Anda mengerti bagaimana air teh dapat membersihkan peralatan makanan, Anda akan mengerti bagaimana teh membersihkan sistem pencernaan Anda. Orang Tiongkok minum teh setiap kali setelah makan, terutama makan daging dan masakan berminyak. Teh juga memiliki efek medis dalam membantu sistem pencernaan.

4. Bantal teh

Daun teh juga memiliki banyak kegunaan. Kumpulkan daun teh habis pakai, keringkan, lalu masukkan ke dalam bantal. Ini dapat menyembuhkan tekanan darah tinggi dan membuat mata Anda tampak jernih.

5. Anti racun

Kaisar kuno Shennong adalah penemu obat-obatan Tiongkok 5.000 tahun yang lalu. Ada banyak jenis tanaman beracun yang dia coba. Suatu hari dia menemukan daun teh yang dapat berfungsi sebagai penangkal. Lalu dia mulai mengonsumsi daun the setiap hari. Teh memiliki efek anti-toksin yang kuat.

Jika anak-anak memiliki masalah diperut akibat asupan yang buruk, teh selalu dapat menenangkan perut dan melarutkan racun. Anda tidak boleh minum air teh saat mengonsumsi obat. Teh akan mengurangi efek obat.

6. Penyegar udara
Teh sensitif terhadap lingkungan sekitarnya. Teh juga mudah menyerap aroma. Itulah mengapa Anda harus menutup teh dengan rapat saat menyimpannya. Jika Anda meletakkan sabun di dekat teh, makada teh akan berasa seperti sabun. Jika Anda meletakkan dekat korek api, maka tehnya berasa seperti korek api.

Anda dapat meletakkan kantong teh di dalam sepatu, kloset, oven, lemari es atau dimanapun Anda ingin menyegarkan bau.

7. Pembersih perabotan rumah

Untuk perabotan yang terbuat dari kayu, bambu atau tatami, gunakan air teh untuk membersihkannya, akan menjadikan perabot tampak segar dan bercahaya. Juga bisa membuat perabot menjadi tahan tungau dan kutu.

8. Campuran masakan

Beberapa orang tidak menyukai lemak dalam daging. Tambahkan beberapa daun teh saat memasak daging. Teh tidak hanya membuat rasa daging lebih enak dan memberikan warna yang lebih menarik, juga bisa melarutkan lemak.

Ada sebuah masakan Tionghoa yang terkenal, namanya Udang Sumur Naga. Cara membuatnya, gunakan daun teh segar saat awal musim semi untuk membuat air teh, kemudian masak udang di dalam air teh tersebut. Aromanya akan terasa segar seperti sayuran diawal musim semi.

9. Menyegarkan rambut, Mata, mulut dan kaki

Letakkan daun teh segar dalam air panas, atau buatlah teh dalam teko, kemudian tuangkan ke dalam air untuk membasuh rambut Anda. Hal ini sangat efektif membersihkan minyak di kulit kepala dan membuat rambut Anda lebih bercahaya.

Letakkan sebuah kantong teh basah pada mata Anda. Ini dapat menyejukkan mata Anda dan mengurangi lingkaran hitam.

Anda dapat mengunyah teh untuk menguatkan gigi dan menyegarkan napas Anda. Efeknya lebih baik ketimbang mengulum permen karet.

Jika Anda menggunakan teh untuk mencuci kaki tiap hari, akan mengurangi stres dan menyembuhkan penyakit pada kaki Anda. Ini juga salah satu manfaat teh.

10. Pupuk tanaman

Sebarkan daun teh disekitar tanaman. Manfaat teh ini akan membantu tanaman tumbuh dengan lebih berenergi. Anda juga dapat menggunakan teh untuk membersihkan daun tanaman, akan membuat daun tersebut lebih bercahaya. (Diana Zhang/Epochtimes/Ajg)

Previous
Next Post »
Show comments
Hide comments

1 komentar:

Write komentar
Unknown
AUTHOR
18 September 2018 at 12:26 delete

In case you are being assured round-the-clock Customer Service and lifetime replacement then don't rethink after you Buy facebook reviews from a provider. buy facebook page reviews

Reply
avatar

Terima Kasih atas komentar anda
Dilarang menggunakan segala bentuk kata-kata kasar, menyinggung. dll
Karena itu merupakan SPAM. apabila ada kata SPAM komentar akan saya hapus.

Komentar anda menjadi kebanggaan saya
Komentar anda lebih berharga dari berlian EmoticonEmoticon