Kekuatan Misterius yang Menarik Galaksi Kita Bukan Ancaman

August 06, 2016
Kekuatan Misterius yang Menarik Galaksi Kita Bukan Ancaman
Secara persisnya penarik besar tersebut terbuat dari apa tetap menjadi misteri karena piringan galaksi kita sendiri menghalangi pandangan kita untuk itu. Galaksi yang ditemukan dalam ‘Zone of Avoidance’ (kawasan yang tak bisa diakses dengan teleskop) di belakang Bima Sakti (foto). 

Di suatu tempat di pelosok ruang angkasa terletak sebuah objek yang menarik segala sesuatu, termasuk galaksi kita, ke arah itu dengan kekuatan gravitasi setara dengan satu juta miliar matahari.

Ketika ditemukan pada tahun 1970 itu dinamakan ‘great attractor’ (penarik besar) karena efeknya pada segala sesuatu di dekatnya, meskipun persisnya itu terbuat dari apa tetap menjadi misteri karena piringan galaksi kita sendiri yang menghalangi pandangan kita untuk itu.

Namun sekarang para ilmuwan telah selangkah lebih dekat untuk memahami apa sebenarnya sang penarik besar itu, dan seorang ahli meyakinkan kita itu tidak akan menghancurkan galaksi kita, karena kekuatan misterius tersebut dari energi gelap.

Pada kecepatan 2,2 juta km/jam, kecepatan Bima Sakti melalui kosmos adalah 2.500 kali lebih cepat dari pesawat jelajah. Tapi apa persisnya yang menyeret Bima Sakti belum diketahui selama bertahun-tahun. Astronom Alan Dressler, dari Carnegie Institution, dengan baik sekali menjuluki hilangnya konsentrasi itu dari materi ‘penarik besar’ tersebut.

Sekarang astronom percaya penarik besar bukan merupakan objek melainkan titik di pusat super klaster galaksi di mana Bima Sakti berada. Dr Paul Sutter, astrofisikawan di Ohio State University, menjelaskan mengapa peneliti memikirkan ini dalam sebuah artikel untuk Space.com.

Para astronom telah memetakan sebagian besar struktur besar di alam semesta, tetapi pilihan ini tersembunyi dari pandangan mereka pada sampah di dalam Bima Sakti. Daerah ini, yang diberi nama ‘Zone of Avoidance’ (kawasan yang tak bisa diakses dengan teleskop), dikaburkan oleh gas dan debu di galaksi kita sehingga sulit untuk melihat, dan penarik besar tersebut duduk di tengah-tengah zona ini.

Perkembangan teknologi seperti teleskop X-ray memungkinkan peneliti untuk mengintip ke zona tersebut untuk pertama kalinya tahun ini. Ratusan galaksi dekat yang tersembunyi tersebut terlihat untuk waktu pertama kali berkat teleskop yang sangat sensitif di Australia.

Sebanyak 883 galaksi yang ditemukan di wilayah langit biasanya tersembunyi dari pandangan oleh Bima Sakti kita sendiri, dan sepertiga dari mereka sebelumnya tidak diketahui ilmu pengetahuan.

Kekuatan Misterius yang Menarik Galaksi Kita Bukan Ancaman
Ketika fisikawan mempelajari dinamika galaksi (foto) dan pergerakan bintang, mereka dihadapkan dengan misteri. Jika mereka hanya mengambil materi yang terlihat kedalam perhitungan, persamaan sederhana mereka tidak menambahkan unsur-unsur tersebut yang dapat diamati tidak cukup untuk menjelaskan rotasi objek dan kekuatannya.

Para ilmuwan telah mencoba untuk memecahkan misteri penarik besar karena penyimpangan yang besar dari ekspansi universal yang pertama kali ditemukan pada 1970-an dan 1980-an dengan melihat latar belakang gelombang mikro kosmik.

Namun dengan melihat bagaimana galaksi dalam super klaster bergerak, para astronom sekarang telah menemukan apa penarik besar itu sebenarnya.

“Alih-alih hanya menjadi ‘gumpalan besar galaksi’, studi tentang kecepatan galaksi di lingkungan lokal kita tentang alam semesta telah menyebabkan definisi kerja yang lebih baik dari ‘super klaster’: volume ruang di mana semua galaksi di ruang angkasa sedang ‘mengalir’ ke pusat umum,” kata Dr Sutter.

Sudah ada sekelompok besar galaksi pada titik ini, ‘Klaster Norma’ dari galaksi-galaksi tersebut, tapi para ilmuwan tidak tertarik dengan gravitasi galaksi ini.

“Bayangkan Anda bangun untuk menemukan diri bergulir di sisi bukit di tengah salju longsor. Sudah ada beberapa benda yang menumpuk di bagian bawah bukit, dan Anda jatuh ke arah itu. Tapi benda-benda itu bukanlah apa yang menyebabkan Anda jatuh menuruni bukit; Anda hanya terjebak dalam proses yang lebih besar,” kata Dr Sutter pada MailOnline.

Dia mengatakan galaksi tetangga juga bergerak menuju pusat klasternya sendiri. Menurutnya ini adalah ‘hasil akhir dari suatu proses yang menggerakkan lebih dari 13 miliar tahun yang lalu, dan hasil alami dari dari arus-arus itu dan penumpukan materi di alam semesta kita.

Bima Sakti dan Andromeda sedang menuju pusat Group Lokal karena mengembun. Semua benda-benda itu di super klaster Virgo jatuh ke pusatnya Klaster Virgo.

“Untungnya, penarik besar tidak akan menghancurkan galaksi kita karena kita tidak akan pernah mencapainya. Sekitar 5 miliar tahun yang lalu, energi gelap mulai mendominasi alam semesta kita,” kata Dr Sutter pada MailOnline.

“Kami tidak tahu apa energi gelap persisnya, tetapi kita tahu bahwa itu menyebabkan percepatan perluasan alam semesta kita. Sementara secara gravitasi struktur terikat seperti tata surya, Bima Sakti, dan Grup Lokal akan tetap kohesif, sesuatu yang lebih besar akan koyak terpisah,” lanjutnya. 

Gelombang mikrokosmik latar belakang  radiasi ? 

Para ilmuwan telah mencoba untuk memecahkan misteri penarik besar sejak penyimpangan besar dari ekspansi universal pertama kali ditemukan pada 1970-an dan 1980-an dengan melihat latar belakang gelombang mikro kosmik.

Banyak dari apa yang para ilmuwan tahu tentang kontribusi relatif dari materi gelap dan energi gelap berasal dari radiasi peninggalan yang tertinggal dari Big Bang, yang disebut cosmic microwave background (CMB), latar belakang gelombang mikro kosmik. 

Kita bisa mengukur CMB dengan melihat jauh ke alam semesta jauh lampau. Sedangkan informasi hanya dapat melakukan perjalanan dengan kecepatan cahaya, yang berarti bahwa jika kita melihat cukup jauh kita dapat melihat peristiwa yang terjadi di masa lalu. 

Melihat matahari, Anda melihatnya seperti itu delapan menit yang lalu karena cahaya membutuhkan waktu delapan menit untuk mencapai kita. Dalam pengertian CMB adalah sebuah pandangan sekilas ke dalam alam semesta kita yang sangat awal. (ran)

Kekuatan Misterius yang Menarik Galaksi Kita Bukan Ancaman

Latest
Previous
Next Post »
Show comments
Hide comments

2 komentar

Write komentar
Jessica Jeon
AUTHOR
2 October 2016 at 00:57 delete

For getting an increased hype to your facebook account, Individuals expend bucks to Buy Facebook Followers to very easily get exposure on internet. buy real and permanent facebook followers

Reply
avatar

Terima Kasih atas komentar anda
Dilarang menggunakan segala bentuk kata-kata kasar, menyinggung. dll
Karena itu merupakan SPAM. apabila ada kata SPAM komentar akan saya hapus.

Komentar anda menjadi kebanggaan saya
Komentar anda lebih berharga dari berlian EmoticonEmoticon